Home / BERITA / HUKUM

Kamis, 4 Maret 2021 - 01:10 WIB

Perkembangkan Pengungkapan Senjata Api berhasil ditemukan kembali Polres Marauke

jestar. id-Jayapura, Personel Polres Merauke kembali mengamankan Senjata Api rakitan hasil pengembangan oleh pelaku AG bertempat di Kampung Tomerau Distrik Naukenjerai Kabupaten Merauke, Selasa (2/3)

Pada hari dan tanggal tersebut diatas, dari hasil pengembangan terhadap pelaku AG yang sebelumnya berhasil diamankan, tim kembali melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan 1 pucuk senjata api rakitan di sebuah bevak di Kampung Tomerau Distrik Naukenjerai Kabupaten Merauke.

Sehingga total Senjata Api yang berhasil diamankan yakni berjumlah 6 (enam) pucuk dan puluhan amunisi aktif, serta tiga pelakunya.

Sebelumnya pada hari senin tanggal 1 Maret 2021, personel yang dipimpin langsung oleh Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum mengamankan seorang pria berinisial AG yang kedapatan membawa 5 (tiga) Pucuk Senjata Api jenis dan Puluhan Amunisi.

Baca juga  Polres Nabire gelar pemeriksaan Narkoba kepada Personel

Dari hasil penyelidikan tim di lapangan, tim menghentikan sebuah mobil ranger berwarna putih di Jalan Gak yang dikendarai oleh AG dan kemudian dilakukan penggeledahan. Dari hasil penggeledahan tersebut, tim berhasil mendapati 3 (tiga) Pucuk Senjata Api jenis M16, amunisi serta peralatan las yang diletakan pada belakang jok mobil ranger. Kemudian pada dini hari tim kembali mengamankan 2 (dua) pucuk senjata api beserta amunisinya.

Selanjutnya Pelaku beserta barang bukti langsung diamankan ke Mapolres Merauke guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Identitas Pelaku (AG) beserta Barang bukti yang diamankan, 1 (satu) unit mobil ranger warna putih, 3 (tiga) pucuk senjata Api Rakitan, 5 (lima) laras senjata api, 2 peredam, 1 teleskop dan 38 amunisi kaliber 5,56 serta sejumlah peralatan las.

Baca juga  Kapolri Ingin Prokes Ditegakan Guna Menurunkan Level PPKM

Kabid Humas Polda Papua Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan, total keseluruhan senjata api yang berhasil diamankan yakni sebanyak 6 pucuk senjata api rakitan. Pelaku saat ini dalam pemeriksaan intensif oleh peyidik Sat Reskrim Polres Merauke.

Atas perbuatannya pelaku dapat dijerat dengan pasal Pasal 1 Ayat (1) UU Darurat No. 12 Tahun 1951 Jo Pasal 55 KUHPidana, dengan ancaman hukuman maksimal Hukuman Mati atau Hukuman Penjara Seumur Hidup atau Hukuman Penjara Sementara Setinggi-Tingginya Dua Puluh Tahun.

Reporter : Dt (Biro Papua)

Share :

Baca Juga

BERITA

Seorang Penumpang Bus Positif Covid-19

BERITA

Pembobol Rumah Nginap di Polsek Medan Barat

BERITA

Kajati Sumut Pimpin Acara Sertijab

BERITA

Tinjau Vaksinasi Serentak 31 Titik di Sumut, Kapolri Pastikan Target Presiden Jokowi Tercapai

BERITA

Kapolri Minta Masyarakat tak Panik Pasca-Bom Bunuh Diri di Katedral

BERITA

Ruko Terbakar di Medan, Seorang Nenek Tewas

BERITA

Ketua MPW PP Sumut Kunjungi Tugu Pahlawan Ampera

BERITA

Polsek Medan Timur Kebanjiran Papan Bunga Ucapan HUT Bhayangkara