Home / OPINI

Senin, 8 Februari 2021 - 05:01 WIB

Masih Ada Upaya Menurunkan Kasus Covid 19 Emros Sihombing (Komunikolog Indonesia)

jestar.id, Melihat kasus Covid-19 masih terus bertambah, saya menyarankan agar dilakukan survey terhadap perilaku masyarakat terkait dengan pelaksanaan protokol kesehatan.

Kemarin (5/2/’21), tentu dengan memakai protokol kesehatan secara ketat, saya menelusuri dari gang ke gang di suatu kota di negeri ini, tidak sedikit saya temukan perilaku anggota masyatakat menarik untuk dikaji terkait dengan ketaatan menggunakan protokol kesehatan.

Namun, menurut hemat saya, teknik pengumpulan data harus melalui observasi, misalnya antara lain menggunakan kamera video untuk merekam, langsung di lapangan agar bisa menjaring peristiwa natural, tidak dengan menyebarkan kuesioner.

Baca juga  Pendekatan Sanitifik Asa Tangani Covid-19 Emros Sihombing (Komunikolog Indonesia)

Secara simultan juga dilakukan wawancara mendalam  mencari tahu mengapa demikian perilaku anggota masyarakat tersebut.

Hasil survey dan wawancara mendalam tersebut dibuat menjadi dasar menyusun strategi komunikasi  yang efektif menumbuhkan kesadaran, sikap dan perilaku taat protokol kesehatan. 

Strategi komunikasi ini diimplementasi secara masif, terstruktur, sistematis, inovatif, kreatif, terus-menerus dan berkesinambungan antara narasi sebelumnya dengan narasi yang sedang dilontarkan dan narasi yang akan dilakukan ke depan, sebagai upaya yang juga strategis dalam rangka menurunkan jumlah kasus Covid-19.

Baca juga  Kejati Papua lakukan PCR Swab Test terhadap Staf

Jika survey perilaku, pendalaman dan strategi komunikasi  belum dilakukan secara baik, saya berhipotesa dari aspek konsep dan teori komunikasi, kasus Covid-19 masih mengalami kendala untuk menurunkannya

Share :

Baca Juga

BERITA

Neta S Pane : Usut Kapolsek Astaanyar dan Anak Buahnya yang Pesta Narkoba

BERITA

Pendekatan Sanitifik Asa Tangani Covid-19 Emros Sihombing (Komunikolog Indonesia)